Rabu, 25 Januari 2012

Bisnis Online, Langkah Mudah Kontribusi untuk Indonesia

Halo sob, ketemu lagi bersama cak blogger. Kali ini saya akan sedikit mengupas tuntas tentang yang namanya bisnis online.


Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa selama hidup, kita butuh sama yang namanya kebutuhan. Yang namanya kebutuhan pasti butuh biaya. Nah biayanya dari mana? Banyak yang berkata bekerja. Namun, tahukah kamu bahwa lapangan pekerjaan di Indonesia saat ini sudah sangat sempit? Jangankan lapangan pekerjaan. Yang sudah bekerja saja sering frustasi gara-gara dimarahi sama bos lah, punya hubungan yang buruk dengan rekan kerja lah, dan lain-lain.



Masyarakat selaku objek dan subjek dalam problematika pengangguran di Indonesia dituntut untuk mampu mencari solusi secara mandiri dan tidak bergantung sepenuhnya kepada pemerintah
Gambar : Banyaknya pencari kerja di Indonesia

Oleh karena itu, kita perlu mempunyai solusi jitu buat melakukan suatu pekerjaan yang kiranya gak jadi tanggungan oleh orang lain bahkan kita bisa jadi problem solving buat mereka. Apakah itu? Yaitu dengan bisnis online.

Gambar : Bisnis Online
Bisnis online itu gampangannya segala kegiatan yang bisa menghasilkan uang dari internet. Jadi hanya dengan modal laptop/PC dan internet, kamu sudah bisa mendapatkan uang .

Gambar : Mudahnya Bisnis Online

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa yang namanya bisnis online sedang marak-maraknya didengungkan pegiat social media di jaman yang serba repot ini. Jika saya prediksi, dengan bisnis online, kita bisa setidaknya mengurangi beban pemerintah yang menanggung jumlah pengangguran sebanyak 3 % penduduk di Indonesia.

So, bagaimana sih bisnis internet itu? Sebenernya ada banyak sih jenis-jenis bisnis internet itu. Yuk kita coba lihat satu persatu.

Yang pertama yaitu cara yang paling gampang yaitu dengan cara menyediakan space iklan di sebuah blog. Tapi syaratnya kamu harus punya blog sob! Cara mudahnya sih, kamu bisa lewat broker penyedia iklan seperti Sitti, Kumpul blogger, klik saya, dll. Di situs barusan itu, kamu Cuma perlu menampilkan iklan mereka di blog kamu dan menunggu sampai ada yang mengklik iklan tersebut. Atau yang paling gila yaitu google adsense. Namun, ada juga cara yang lain yaitu dengan menentukan dengan pengiklan itu sendiri. Udah kaya sponsor di TV gitu sob. Kita dibayar sejumlah uang selama iklan orang tersebut tampil di blog kita. Gampang banget kan? Kita hanya berdiam diri, dan penghasilan langsung datang menanti untuk dihampiri.

gambar : Space Iklan

Selanjutnya yaitu paid review. Apa sih paid review itu? Paid review atau paid to review adalah kita dibayar setiap kita menulis sebuah artikel. Bayangin aja, kita bisa dapet uang Cuma mereview sebuah produk. Gampang banget kan? Berikut websitenya : sponsoredreviews, reviewmu, dll.

Ilustrasi : Menulis di Rumah pun bisa dapat uang.

Yang ketiga yaitu dengan menjadi penjual barang sendiri. Disini kamu punya dua opsi, menjual barang kamu sendiri, atau menjual barang milik orang lain(reseller). Kamu bisa menjualnya di kaskus, atau bikin toko online sendiri. Inilah mudahnya bisnis online sob, kamu bisa jual apapun tanpa perlu toko.

Ilustrasi : belanja dengan cara online

Selanjutnya, yaitu dengan membuat sekolah blog kaya Astamedia. Selain menghasilkan uang, kamu juga bisa ikut membantu banyak orang supaya lebih pandai dalam bisnis online. Selain bisa dapet uang, kamu juga beramal buat ngebantu banyak orang.

Habis itu, kamu juga bisa jual beli link di Jubelink. Disini kamu dibayar setiap kamu masang link orang lain di blog kamu. Enak banget kan, tinggal nempel link, dapet uang. :p

Selanjutnya, adalah berbagi dan dapat uang. Contoh webnya, adalah Ziddu, dan easyshare. DI website seperti itu, kamu dibayar setiap ada orang yang mendownload file kamu. Langkahnya, kamu upload filenya di web tsb, setelah itu persilahkan orang lain untuk mendownloadnya.
Dan masih banyak lagi contoh lain seperti Paid to Surf(Dibayar untuk surfing), Jual pulsa Online, dan masih banyak lagi.

Pengetahuan sudah ada, bagaimana cara mendalaminya? Ada sekolah blog Astamedia yang bisa men-support kamu di bidang Blog dan Internet Marketing. Disana juga ada SEO service. Dan yang pasti banyak mitranya.

Chameleon Logo
gambar : logo astamedia

Sekian mungkin tulisan saya. Yang jelas, mungkin menjadi pebisnis online dapat mengatasi tingkat pengangguran di Indonesia. Dan yang pasti, hal ini dapat menjadi salah satu kontribusi kita terhadap negeri ini.



Sumber gambar :




21 komentar:

  1. artikelnya bagus inspiratif, thanks berat buat infox

    BalasHapus
  2. yang ini bisa diterapkan dan lumayan bagus hasilnya. namun perlu juga di ingat klau bisnis online dapat saja kita maksimalkan dengan menggunakan beberapa media dengan pengaturan struktur kinerja seo yang baik, maka hasilnya juga akan maksimal. masalah sukses mungkin itu tergantung dari usaha dan rejeki masing-masing kali yaa...heee :D. ok sangat inspiratif dan membangun. salam persahabatan blogger. mahesa (makin hebat saja) buat blog ini. ditunggu kunjungan baliknya di blogonol

    BalasHapus
  3. seeppp dahh..
    rank *****

    BalasHapus
  4. "menjual barang sendiri, atau menjual barang milik orang lain(reseller)" kalo saya lebih milik jual barang milik org lain mas, lebih mudah gak pke modal malah,hehe

    BalasHapus
  5. Eh, nice info hel, bisnis online kan emang paling solutif buat yang masih bingung cari kerja, atau yang perlu side job,
    stay creative and inspirative :)

    BalasHapus
  6. Semoga menang lagi. Kalo menang jangan lupa traktir haha :D

    BalasHapus
  7. Deasy Maharani Putri27 Januari 2012 pukul 05.38

    sekarang bisnis online memang sedang marak2 nya di gemari orang banyak karena sifatnya yg bermodal sedikit, menghasilkan banyak. Dalam dunia mobile yg menuntut ke-update-an skrg ini, hatlah hal ini sangatlah membantu. Tapi kita tidak boleh terlalu terlena dengan segala keuntungannya, toh kita juga terkadang suka terjebak oleh 'pesona kamera' yg ada digambar, tapi tdk sesuai kenyataan. Jadi saran aja buat para pebisnis online, plis bgt barang harus yg sesuai realita. Maksudnya disini adalah prototype gambar yg d tawarkan juga harus sama dengan kondisi aslinya sehingga pembeli tidak kecewa, penjualpun bahagia.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. yoh ..... asik sekali (y)

    BalasHapus
  10. lumayan ngerti lah stlh baca ini

    BalasHapus
  11. Wah, bs jd alternatif yg cukup bgus nich bwt pencari kerja yg pngin cpt dpt uang sembari nunggu kepastian dia dpt pkrjaan apa. Hehehe... :D

    BalasHapus
  12. Poegoeh kok capnya Kaya kepala kereta yah? Ayo kang Kolaborasi sama saya.

    BalasHapus
  13. lebih dari skedar bisnis online ada juga unsur entrepreunur juga ..usaha mandiri tetapi memang untuk pertama tidak bisa dijadikan penghasilan utama.hanya optional tapi ketika sudah berkembang dan blog/web berusia kemungkinan menjadi penghasilan utama itu ada

    BalasHapus
  14. mantep dahh, hayo kembangkan d indo biar maju teruss..

    BalasHapus
  15. Wah, artikelnya menari bro... Menambah wawasan juga... :D

    BalasHapus
  16. Manteb.. Daripada nyari kerja panas-panas.. belum tentu diterima pula..
    :D
    mending duduk, manjain pant*t :D

    hohohoho, dapet duit pula..
    penggemukan cepat

    BalasHapus